Tutorial Membuat Data karyawan dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver


Sebelumnya saya belum pernah membuat Website, namun saat saya mulai masuk SMK dan menerima pelajaran Pemrograman WEB saya diberitahu oleh guru saya bagaimana caranya membuat website dengan menggunakan aplikasi Macromedia Dreamweaver. Tak perlu menunngu lama saya akan membagikan Tutorial Membuat Data karyawan dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver ini dia.

1.     Pastikan komputer atau laptop anda sudah terinstall                Macromedia Dreamweaver dan Xampp versi apapun.  
     


2.          Kemudian buka aplikasi Macromedia Dreamweaver. 
   
3.          Setelah tampil menu utama tekan CTRL+N atau klik         file dan pilih New maka akan tampil isian seperti gambar dibawah ini.




4.     Kemudian klik "Dynamic Page" dan pilih PHP lalu klik Create.

5.     Kemudian buatlah dokumen dengan nama index.php dan pilih file lalu klik Save As dan save di folder C:\xampp\htdocs\ dan buat folder baru di htdocs.




7.     Lalu buatlah header_atas.php, footer_bawah.php, sidebar_kanan.php, sidebar_kiri.php, proses.php, form.php dan tampil.php dengan cara yang sama seperti membuat index.php

8.     Setelah selesai kita kembali ke index.php lalu membuat tabel seperti dibawah ini, setelah tabel dibuat klik “Code” pada sebelah kiri atas.



 
9.     Kemudian kita akan memanggil file lain, misalnya kita akan memanggil sidebar_kiri maka Codenya adalah <?php include(‘sidebar_kiri.php’);?> untuk memanggil file lain pun sama hanya mengganti nama file apa yang akan kita panggil di folder yang sudah kita buat tadi. 



10.   Jika sudah, anda bisa mendesign sendiri sebagus mungkin. kemudian anda membuat folder untuk gambar di folder C:\xampp\htdocs\xtkj2_1\image gunanya untuk menyimpan gambar yang akan disisipkan nanti.

11.   Selanjutnya di folder header_atas.php dan footer_bawah.php di beri foto untuk membuat header serta footer bergambar. Jangan lupa foto tersebut harus dipindahkan terlebih dahulu ke folder C:\xampp\htdocs\xtkj2_1\image agar tidak terjadi kesalahan.

12.   kemudian di sidebar_kanan.php dan sidebar_kiri.php di beri menu dan isi menu tersebut di beri Link jadi ketika kita memilih apa yang ada di dalam menu maka kita akan dibawa ke halaman yang dituju.

13.   Jika sudah anda bisa mencoba mengecek hasil sementara anda di browser dengan menjalankan aplikasi xampp dan masuk ke browser lalu tulis localhost/xtkj2_1 atau nama folder anda di htdocs.



14.   Langkah selanjutnya adalah membuat form.php, dengan cara klik insert lalu pilih form dan pilih text field dan untuk yang terakhir yaitu tombol kirim menggunakan button.

15.   Dan jangan lupa bila sudah selesai membuat form klik kolom atau form tersebut kemudian di Bar Properties tepatnya di sebelah pojok kiri bawah dalam kotak text field diganti dengan nama form masing-masing.

16.   Setelah itu klik code dan di dalam kode from terdapat tulisan action=””> diantar petik 2 tersebut diisi dengan proses.php sehingga menjadi seperti ini action=”proses.php”>

17.   Dengan begitu kita telah berhasil membuat index.php, form.php, sidebar_kanan.php, sidebar_kiri.php, header_atas.php, dan footer_bawah.php. nah selanjutnya adalah membuat proses.php.

18.   Caranya dengan memasukan kode dibawah ini


19.   Nah proses.php telah dibuat, kini saatnya membuat database di localhost/phpmyadmin dan kita sesuaikan dengan apa yang ada di proses.php misalnya databasenya namanya adalah xtkj2_1 ya kita juga harus membuat sama databasenya dengan nama tersebut

20.   Kemudian nama tabelnya pun disesuaikan dengan yang ada di proses.php yaitu data_karyawan dan harus ditulis sama persis.

21.   Dan hitung berapa tabel yang ingin dibuat, dengan menghitung berapa isian form yang ada. misalnya kita tulis 7 dan klik kirim maka akan muncul tabel 7 dan langsung saja isikan seperti dibawah ini dan klik simpan.

22.   Dengan demikian proses.php pun sudah berhasil dibuat. Dan yang terahir yaitu menampilkan tabel tersebut di dalam browser anda.Caranya hampir sama dengan proses.php tinggal memasukan code di bawah ini.


23.   dan jika sudah selesai maka hasilnya akan seperti ini.

 SELESAI
Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar