Penjelasan dan Perbedaan USB 3.0 dan UB 2.0

Kali ini A.B.P akan memposting Perbedaan USB 3.0 dan UB 2.0. Langsung saja ini dia
USB atau Universal Serial Bus merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan peralatan eksternal seperti Scanner, Printer, Mouse, Keyboard dll ke komputer kita. Pada perkembanganya USB telah berevolusi Tiga kali dengan mengeluarkan 3 versi USB yang dari perkembanganya USB menjadi periperal yang sering digunkan sampai saat ini. Dari ketiga versi USB yang masih sering digunakan dalah USB 2.0 ( Versi ke Dua ) dan USB 3.0 ( Versi ke Tiga ). USB 2.0 dikenalkan ke publik sekitar bulan April tahun 2000. USB 2.0 ini diperkirakan mampu mentransfer data dengan kecepatan 480Mb/Sec. Namun pada kenyataanya Transfer Rate USB 2.0 tidak seperti yang diperkirakan, Tembus sampai 300Mb/Sec pun jarang. Hal ini dikarenakan USB 2.0 memerlukan sebuah stok suplai listrik maksimal 500 mA. Sedangkan untuk pin steker USB 2.0 hanya berjumlah 4 buah.
Penjelasan dan Perbedaan USB 3.0 dan UB 2.0

Hal ini berbeda dengan USB 3.0 yang mulai dikenalkan di publik sejak tahun 2007, keunggulan USB 3.0 ini dibanding teknologi pendahulunya yaitu USB 2.0 adalah USB 3.0 mampu Mentransfer data atau memiliki Transfer Rate mencapai 5Gb/Sec hal ini berbanding jauh dengan generasi USB sebelumnya.

Penjelasan dan Perbedaan USB 3.0 dan UB 2.0


Selain itu kelebihan lain dari USB 3.0 adalah dia bersifat Full Duplex atau USB ini mampu melaukan Send / Receive data secara berkala dan terus menerus. Dan pada USB 3.0 ini 5 buah pin steker. Namun kelemahan USB 3.0 ini masih jarangnya support atau dukungan dari Sistem Operasi sehingga anda harus mencari drivernya dan menginstalnya secara manual. Namun setau saya untuk produk laptop atau notebook saat ini kebanyakan telah mengintegrasikan Port USB 3.0 ke Laptop atu Notebooknya. sehingga tidak perlu mengintsall driver USB 3.0.

Sekian ulasan kali ini mengenai Penjelasan dan Perbedaan USB 3.0 dan UB 2.0. Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.
Previous
Next Post »