Penjelasan Teknik Grounding

Grounding

Penjelasan Teknik Grounding

Kali ini A.B.P akan berbagi sedikit ilmu tentang teknik Grounding, ingin tahu langsung saja ini di penjelasanya.
Grounding adalah sistem pentahanan yang tujuanya adalah menangani beda potensial listrik  sehingga jika ada permalahan yang terjadi aliran listrik tersebut akan langsung di buang ke dalam tanah / ke bumi. Grounding merupakan salah satu teknologi pelistrikan dalam sistem listrik rumahan yang mempunyai 3 bagian yaitu : Positive, Negative, Grounding ( Tanah ).

Ground atau Tanah berguna untuk menetralisir daya yang disebabkan oleh arus daya yang kurang atau komponen alat yang tidak standar. Fungsi Teknologi Grounding adalah untuk mengontrol kekuatan arus listrik liar semacam aliran petir dsb yang bisa menyebabkan kerusakan alat elektronik dan juga Menyetrum manusia. Jika Teknologi Grounding ini kita terapkan dirumah maka ancaman semacam itu dapat di minimalisir, karena Teknologi ini mengalirkan listrik ke dalam tanah yang kita ketahui bahwa tanah bersifat non konduktor atau tidak menghantarkan arus listrik. Selain itu sisi positive dari teknologi grounding ini adalah bisa mengamankan peralatan elektronik di rumah kita macam TV, Komputer, Kulkas dll.

Biasanya teknik grounding ini dilakukan dengan cara menancapkan Besi atau Tembaga kedalam tanah yang sudah dililit kabel yang megarah ke Listrik rumah kita. Setau saya teknik grounding ini digunakan untuk penangkal petir, jadi misalkan ada arus listrik dari petir yang lolos maka akan di buang ke tanah oleh Grounding ini, Teknik ini juga biasa digunakan oleh Teknisi jaringan untuk melindungi Antena Grid atau Towernya dari sambaran Petir.

Sekian sedikit ulasan mengenai Teknik Grounding Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Terima Kasih.
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
aulia dian p
AUTHOR
4 Mei 2015 pukul 01.05 delete

kalau pake teknik grounding ini berarti nggak ada tiang listrik ya gan? ky di kawasan sentul city gitu?
eh apa gimana??

Windows & ASP.NET Web Hosting : http://jaringanhosting.com

Reply
avatar
AB Production
AUTHOR
4 Mei 2015 pukul 02.11 delete

Teknik grounding INI tidak menggunakan tiang listrik, tapi memanfaatkan kawat tembaga kemudian ditanam di dalam tanah gan jadi tidak memerlukan tiang seperti tiang listrik
Terima kasih telah Berkunjung

Reply
avatar